Rabu, 22 Desember 2010

Bisnis Online itu apa?

Bisnis Online itu apa?Apa itu bisnis Online?
Bisnis Online adalah bisnis /usaha yang dilakukan secara online melalui internet dengan menggunakan website, blog, email, jejaring sosial, dll. Namanya juga bisnis, pasti mencari sebuah keuntungan. Keuntungan yang didapat bisa berlimpah atau juga sedikit demi sedikit, tergantung usaha kita. Oleh karena itu kita memang harus banyak belajar tentang Bisnis Online itu sendiri. Kan tidak ada salahnya kita berusaha dengan Belajar Bisnis Online. Terlebih jika ada Bisnis Online yang Terpercaya. Namun kita perlu ingat bahwa semua ada kelebihan dan kekurangannya.
Beberapa kelebihannya antara lain:
  1. Tidak dibatasi waktu dan tempat. Kita bisa menjalankannya selama 24 jam penuh terserah yang kita inginkan. Sehingga bisnis kita dapat terpasarkan secara otomatis walaupun kita sedang tidur.
  2. Pangsa pasar yang sangat luas. Kita dapat mempromosikan bisnis kita di seluruh pelosok dunia.
  3. Biaya yang sangat kecil. Kita tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk membuat kantor, atau toko untuk memajang produk kita. 
Sedangkan kekurangannya adalah:
  1. Tidak semua produk dapat kita tawarkan melalui bisnis online.
  2. Minimnya kepercayaan masyarakat kita terhadap bisnis online. Hal ini tidak terlepas dari adanya para penipu dalam hal bisnis online.
Beberapa jenis bisnis online yang sejauh ini saya ketahui antara lain:
  • Jualan barang atau jasa. Bisnis semacam ini bentuknya tidak berbeda dengan jualan barang atau jasa secara tradisional. Kita mempunyai produk baik barang atau jasa, kemudian menjualnya kepada konsumen. Perbedaannya adalah media yang kita gunakan untuk menjual produk tersebut. Jika secara tradisional kita menjualnya melalui toko yang kita dirikan atau memasarkannya dari pintu ke pintu, dengan konsep bisnis online, bangunan toko tersebut tidak ada lagi. Kita memasarkannya melalui sebuah website atau email di internet. Sistem bisnis semacam ini sering disebut sebagai e-commerce. Contoh : www.bukukita.com
  • Bisnis Affiliasi. Bisnis ini merupakan sebuah bentuk kerjasama antara kita dengan sebuah pemilik produk. Tugas kita adalah membantu memasarkan produk-produknya. Kita akan mendapatkan komisi atas hasil penjualan itu. Komisi itu biasanya besarnya sekian persen dari harga jual produk. Misalnya 30%, 45%, dan sebagainya. Contoh: www.amazon.com.
  • Bisnis Advertising. Bisnis ini merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang periklanan di internet. Menurut saya, ada 2 jenis pebisnis online yang bisa mendapatkan profit dari bisnis periklanan ini.
    1. Broker Iklan. Pebisnis semacam ini adalah orang yang menyediakan tempat untuk mempertemukan seorang pemilik produk yang ingin mengiklankan produknya (advertiser), dengan orang yang mau memasang iklan produk tersebut (publisher).
    2. Publisher itu sendiri. Publisher biasanya mempunyai sebuah blog atau website yang digunakan untuk memasang iklan dari pada advertiser tersebut. Pebisnis online semacam ini bisa diibaratkan sebagai pemilik koran. Koran merupakan sebuah media yang isinya berita-berita. Namun, kita bisa menemukan iklan yang dipasang pada koran tersebut. Perbedaannya, sebagai publisher, kita tidak harus menulis berita saja pada website atau blog kita, tetapi bisa apa saja selagi itu bisa membuat website kita dikunjungi banyak orang.
    Dari kesemuanya itu,  saya lebih memilih pada bidang jasa. Yaitu Bisnis Investasi di sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Perdagangan Valuta Asing. Untuk lebih jelasnya, silakan masuk link di bawah ini:
    Bisnis Investasi Terpercaya
    Nah, itulah sekelumit gambaran yang mungkin dapat saya paparkan.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar